Friday, 12 February 2016

Cara Mengatasi Suara Gredek/Brebet di CVT Matic Vario 110 karbu

Bismillah. Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya seputar otomotif khususnya motor vario 110 karbu, kenapa hanya vario karbu tidak semuanya ? Sebab Vario 110 merupakan motor pertama yang saya beli dari hasil keringat saya sendiri.

Tau donk..bangganya gimana punya motor hasil keringat sendiri heheh!!!
Tapi seiring berjalannya waktu saya pun sampai tidak ingat sudah lebih 2 tahun Si Hitam menemani saya melewati hari demi hari, tak di sangka Si Hitam pun mulai terkena penyakit mungkin karna faktor usia yang sudah lumayan untuk motor kluaran lama.

Seperti stang yang mulai tidak stabil saat di kendarai tapi.. bukan itu permasalahannya akan tetapi suara gredek/brebet saat motor di pacu di RPM rendah dan itu sangat mengganggu sekali apabila kita terjebak macet. OMG.!!

Tanpa pikir panjang akhirnya Si Hitam saya bawa ke bengkel (A), sesampainya di sana saya ceritakan keluh kesah Si Hitam kepada mekanik bengkel dan sang mekanik pun menyarankan untuk mengganti V-Belt + Roller yang di yakini penyebab timbulnya suara gredek/brebet di CVT Vario karbu saya.

Karna saya orang nya tidak ingin ribet maka saya gantilah sparepart tersebut agar Si Hitam bisa kembali normal seperti sebelumnya, Tapi selang 1 hari ternyata suara gredek itu pun kembali muncul dan itu sangat membuat saya kesal karna saya pikir dengan mengganti sparepart tersebut akan menghilangkan suara gredek dan efek nya.

Selang 1 bulan dan kebetulan saya pun baru gajihan hehe.. maka saya bawa kembali Si Hitam ke bengkel Resmi Honda saya pun menceritakan kembali penyakit motor vario saya yang tak kunjung hilang langsung sang mekanik membongkar untuk mengecek apa sih penyebabnya ?

Setelah menunggu hampir  30 menit sang mekanik pun menghampiri saya dan memberitahukan bahwa Kampas Ganda/Otomatis nya sudah haus atau minta ganti. karna tidak ingin mengalami hal yang sama sebelumnya saya pun memutuskan untuk mencari informasi dulu di internet mumpung ada WIFI GRATIS heheh.
Rumah Roller vario 110 karbu

Dan ternyata setelah browsing tanya sana sini akhirnya saya memutuskan untuk mengganti Kampas Ganda/Otomatis nya berharap penyakit gredeknya hilang sebab harga untuk sparepart tersebut lumayan menguras kantong kecil saya harganya untuk vario 110 RP.500.000-, 
Setelah di ganti akhirnya penyakit gredeknya pun hilang walaupun masih ada sedikit geredek tapi saya cuek karna mungkin masih butuh penyesuaian.

Akan tetapi selang pemakaian 1 minggu penyakit gredek nya kembali muncul aslinya bikin saya strees karna per 1 bulan setidaknya 300rb keluar untuk mengatasi keluh kesah si hitam. karna sudah malas dan saya pun sudah tidak bekerja lagi karna abis kontrak maka saya diamkan si hitam dan menikmati masalah yang terjadi sampai saya mendapatkan uang kembali.

Sekitar 2 bulan berlalu allhamdulilah masih di kasih rezeki sama gusti ALLAH S.W.T. akhirnya saya memutuskan untuk mencoba membawa kembali si hitam masuk bengkel seperti sebelumnya saya menceritakan keluhannya dan di bongkarlah CVT beserta isinya dan baru lah di temukan sebab akibat timbulnya suara gredek di motor vario 110 saya adalah RUMAH ROLLER nya sudah kemakan usia maklum sudah hampir 3 tahun belum ada yang di ganti hehe.

Setelah rumah roller di ganti akhirnya motor saya kembali normal saat RPM rendah tidak ada suara gredek yang bikin bete itu. allhamdulilah yah!! Sebenarnya penyebab suara gredek itu banyak penyebab nya tapi setiap motor itu beda bisa rollernya saja bisa rumahnya saja bisa v-beltnya maka dari itu saya sarankan untuk di cek terlebih dahulu jika mekanik bengkel menyarankan penggantian sparepart agar tidak menyesal seperti saya yang mengeluarkan banyak uang padahal masalahnya bukan di sparepart tersebut.

Semoga artikel ini menjadi bahan referensi untuk kalian pecinta motor vario 110 karbu yang mengalami masalah yang sama seperti saya ^_^ Terima Kasih.
Disqus Comments